Review Buku CHMS

by - Februari 18, 2018


Judul: Catatan Harian Menantu Sinting
Penulis: Rosi L Simamora
Genre: Metropop
Penerbit: Gramedia 2018

Terlihat dari judulnya sudah jelas kalau buku ini dibuat seperti diary pada umumnya. Diary yang bercerita tentang kehidupan Minar, Sahat (suami Minar), dan Mertua (ibu Sahat).

Dari awal membaca sampai lembar terakhir selalu dibuat tertawa. Yah, walaupun bacaan ini khusus 22+ (menurut saya).

Saya tuh membayangkan kalau saya berada di posisi Minar. Menghadapi mamak mertua yang kolot dan batak tok tok.

Bayangkan saja mamak si Sahat ini sangat amat suka turut campur kehidupan rumah tangga Minar dan Sahat. Bahkan ketika akhirnya Minar dan Sahat pisah rumah pun, si mamak tetap memantau mereka.
Maklum, Sahat adalah anak bungsu. Kakak perempuannya yang sedang hamil anak keempat, belum mendapatkan satu anak lelaki pun. Karena dalam adat batak, anak laki-laki sangat diperlukan untuk meneruskan nama marga dalam keluarga.

Sedangkan kakaknya Sahat, tidak dapat diharapkan oleh mamak. Dua kali gagal menikah diusianya yang sudah tidak terbilang muda. Membuat mamak membebankan Minar dan Sahat untuk mendapatkan anak laki-laki.

Bayangkan saja, saking ingin mendapatkan anak laki-laki. Mamak Sahat mengikuti sepasang suami istri ini pada waktu konsultasi ke dokter kandungan. Sampai-sampai mamak tahu tanggal suburnya Minar. Maklum sudah tujuh tahun menikah belum juga hamil si Minar.

Dengan menggunakan bahasa sehari-hari yang santai. Dan menggunakan sudut pandang orang pertama, catatan harian si Minar ini berhasil membuat pembaca serasa ada di dalam cerita.

Banyak istilah bahasa batak di dalam buku ini. Jadi buat saya yang awam bahasa batak, sedikitnya tahu lah yah. Heuheu.

Yah, mungkin cara menunjukkan perhatian dan kasih sayang mamak memang terlalu berlebihan. Harusnya sih orang tua tidak mencampuri urusan rumah tangga anaknya. Cukuplah memantau atau memberi nasihat jika diminta. Karena orang tuanya kolot kali yah, jadi rasa khawatir berlebihan banget.

Kalau lagi stres atau ingin bacaan ringan tapi sarat makna. Coba saja baca buku ini. Pastinya kamu bakal jadi relaks. Seperti mamak yang menjadikan lingerie si Minar untuk menambal kebayanya. Dijamin hilang deh tuh stres. Heuheu.

#OneDayOnePost
#ODOPBatch5

You May Also Like

0 komentar