Jamur Tiram

by - Februari 02, 2018

Apakah kamu penggemar masakan berbahan dasar jamur? Jamur apa yang menjadi favorit kamu? Jamur kuping, kancing, shitake, merang, atau tiram?

Tidakkah kamu mau mencoba untuk menanam sendiri jamur-jamur tersebut?

Nah, kalau kamu mau mencoba menanam jamur. Cobalah jamur tiram. Karena dari sekian banyak jenis jamur tersebut. Jamur tiramlah yang paling mudah untuk dibudidayakan. Cukup dengan menempatkan serbuk gergaji yang sudah disterilkan ke dalam baglog, kita sudah dapat menanamnya. Ingat yah, jamur tiram tidak membutuhkan sinar matahari banyak. Dia akan tumbuh baik di tempat yang lembab.

Masa panen yang cepat yaitu sekitar satu - dua bulan. Kita dapat mempertimbangkan jamur tiram ini sebagai ladang bisnis. Harga jual yang tidak semahal jenis jamur lainnya. Menyebabkan jamur tiram banyak dicari.

Olahan jamur crispy adalah salah satu  alternatif komoditas niaga yang sedang menjamur. Sehingga tidak menutup kemungkinan kita bisa menyediakan kebutuhan jamur tiramnya tersebut.

Atau kita juga bisa memperkerjakan orang. Cukup dengan mangkal di sebuah mini market, sekolah atau tempat ramai di pinggir jalan dengan menggunakan booth sederhana. Kita sudah bisa berjualan olahan jamur tiram ini.

Itu kalau ingin berbisnis jamur. Tapi bila seandainya kita menghadapi kendala tempat untuk berbudidaya. Tanamlah sesuai dengan kebutuhan konsumsi kita sehari-sehari.

Selain membuat tubuh sehat dan asupan gizi tercukupi. Uang belanja pun dapat dialokasikan untuk kebutuhan lain. Apalagi kalau bisa berbagi ke tetangga.

#OneDayOnePost
#ODOPBatch5#day12


You May Also Like

4 komentar

  1. Budidaya jamur tiram juga kah
    Mbak Desi...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum mbak. Maunya sih begitu. Mudah2an kesampean

      Hapus
  2. Saya dan ibu dulu sewaktu sma menanam jamur tiram di rumah untuk konsumsi pribadi hehehe, memang nyenengin nanam jamur, panen, dimasak trus dimakan deh, betul sekali ini saran dri tulisannya, saya termasuk yg pernah merasakan

    BalasHapus