CHECKLIST INDIKATOR PROFESIONALISME PEREMPUAN

by - Februari 03, 2018


Nice Homework #2
Sebelum saya mengisi indikator profesionalisme perempuan. Saya ingin menginformasikan bahwa saya adalah seorang ibu yang baru saja menjadi full mom untuk seorang gadis berusia delapan belas tahun.
*
Sembilan belas tahun saya bekerja. Bila dihitung total, dua puluh satu tahun sudah saya terjun ke dunia karir. Dari mulai gadis sampai mempunyai dua buah hati.

Dan pada akhirnya, empat tahun yang lalu. Saya hanya dipercaya oleh Allah untuk membesarkan satu orang buah hati yang mulai beranjak gadis saat itu. Sekarang gadis itu sudah bisa dibilang dewasa dan menginjak semester empat di Unsika, Karawang.

Terbiasa dengan bantuan ART (Asisten Rumah Tangga). Saya pun hanya menyentuh sedikit sekali pekerjaan rumah tangga. Kebetulan ART kami libur setiap dua minggu sekali. Sedangkan si gadis kos dan pulang seminggu sekali.
Kebersamaan kami, saya dan si gadis makin sulit dipertemukan. Ditambah hari Sabtu pun saya bekerja. Dan suami pun sama karena dia adalah Ketua RT di komplek rumah.

Oleh sebab itulah, di usia yang masih sangat produktif dan karir cukup bagus. Saya memutuskan untuk mundur dari dunia karir. Karena waktu saya untuk si gadis tidak banyak lagi. Dan juga, inilah saatnya suami merasakan sentuhan kehangatan rumah dari tangan istrinya.
Full tanpa ART. Jadi bye bye ART. Terima kasih atas pengabdian selama sepuluh tahun-nya.

Karena masih dalam tahap penyesuaian dari working mom ke full mom. Maka tiga bulan ini, saya masih bongkar pasang schedule.

Sangat beruntung dan terima kasih sekali pada IIP yang telah memberikan tugas NHW#2 ini. NHW ini sangat membantu saya, dalam merefleksi diri, akan tugas yang baru saja kembali lagi, untuk saya jalani.

CHECKLIST INDIKATOR
PROFESIONALISME PEREMPUAN:

A. Sebagai individu

1. Sholat tepat waktu - target: waktu Isya yang dibidik. Karena terkadang kalah dengan seri film India yang diputar di tv.

2. Tilawah Qur'an - target: khatam sebelum memasuki bulan Ramadhan Mei 2018.

3. Sekarang sedang menjalani pelatihan menulis on line - target: Agustus 2018 ini mempunyai novel solo dan terbit mayor.

4. Target penjualan yogurt meningkat - target: setelah terbit buku solo. Bulan September akan mengikuti Sekolah Belajar Online untuk meningkatkan omset yogurt.

5. Disiplin menulis setiap harinya selama dua jam - target: membiasakan menulis di pagi hari.

B. Sebagai istri

1. Mengantarkan suami ke depan pintu saat akan pergi bekerja. Dan baru masuk kembali ke dalam rumah sampai tubuhnya menghilang tidak terlihat.

2. Menyambut kembali suami sepulang bekerja dengan memberikan senyum tanpa bertanya keadaan kantornya.

3. Air putih hangat untuk minumnya sudah tersedia.

4. No gawai bila sedang bersama dengannya.

5. Menemaninya menonton film kesukaannya.

6. Menjadi pendengar yang baik.

7. Memastikan amanat tiap bulan pemberian suami sesuai dengan pos-posnya.

C. Sebagai ibu

1. Menjadi teman bagi si gadis. Baik itu teman bicara, teman diskusi dan urung pendapat bila memang dibutuhkan.

2. Memberikan contoh dengan kegiatan sehari-hari, seperti berjualan. Alhamdulillah si gadis sudah mulai ikut berjualan yogurt. Walaupun baru sekadar iklan di medsosnya.

3. Memberikan kepercayaan dengan melatihnya mengatur keuangan. Dan saat ini dia sudah pandai mengatur uang mingguannya.

4. Membagi pekerjaan rumah tangga bila dia sedang berada di rumah. Seperti mencuci piring, menyapu dan mengepel.
5. Memberikan ilmu seni dapur alias memasak untuk bekal kelak dia berumah tangga.

Mungkin saya memang tidak bisa mengganti waktu emas yang hilang. Tapi saya akan berusaha memaksimalkan waktu yang sedikit ini untuk membersamainya. Si gadis.

You May Also Like

0 komentar