Manfaat Bermain Boneka Bagi Si Kecil

by - Februari 07, 2018


Boneka identik dengan perempuan. Bahkan banyak para ibu mengenalkan mainan pertama pada anak perempuannya adalah boneka. Boneka adalah mainan yang menyerupai manusia, di mana si kecil akan memperlakukan boneka tersebut dengan kasih sayang. Tak jarang si kecil pun mengajak berbicara dan berinteraksi dengan boneka. Sehingga permainan ini akan memberikan manfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan si kecil.

Berikut adalah manfaat bermain dengan boneka:

1. Merangsang perkembangan keterampilan motorik halus dan kasar

Si kecil akan mempelakukan boneka seperti ibunya memperlakukan dia. Anak akan meniru kegiatan si ibu seperti, memberi makan, mengganti dan memakaikan baju, memberinya susu juga menggendong. Itu semua akan meningkatkan kemampuan jari dan tangannya.

2. Meningkatkan keterampilan berbicara

Layaknya mengasuh seorang anak. Si kecil akan berinteraksi dengan mengajak bonekanya berbicara. Seolah boneka tersebut memahami apa yang diucapkannya. Si kecil akan mengeluarkan ide-ide dan berkreatifitas dengan pemikirannya. Sehingga hal ini melatih keterampilan dan menambah kosa kata si kecil.

3. Melatih kemandirian

Disaat si kecil bermain dengan bonekanya. Itu berarti dia menguasai permainannya. Dia tidak mau diatur. Biarkan si kecil bermain sendiri tanpa turut campur tangan ibu. Biarkan dia bereksplorasi dengan gayanya pada saat mengasuh boneka.

4. Meningkatkan keterampilan sosial

Bermain boneka bisa dilakukan secara berkelompok. Si kecil akan belajar untuk berinteraksi dengan orang lain, menjalin hubungan dengan teman sebaya, belajar berbagi, mempertahankan hubungan, dan memecahkan masalah. Mereka akan bertukar pikiran pada saat bermain.

Dunia anak adalah bermain karena itu adalah hak mereka. Tugas ibu hanya memastikan bahwa mainan yang diberikan aman untuk si kecil. Pantaulah saat si kecil bermain, temanilah dan biarkan dia tenggelam dalam dunianya.

#OneDayOnePost
#ODOPBatch5

You May Also Like

0 komentar