Ini Cara Mengatasi Aroma Baju Tak Sedap di Musim Hujan karena Tidak Kering

by - Februari 05, 2018


Musim penghujan sudah tiba. Intensitasnya yang sering menyebabkan suhu menjadi lembab. Dan ini adalah mimpi buruk bagi para ibu. Kenapa? Karena hal ini akan berpengaruh pada pakaian yang dicuci.
Cucian yang tidak kering dan bertumpuk akan mengeluarkan aroma tidak sedap.

Nah, untuk mengatasi agar cucian baju yang tidak kering dan meninggalkan aroma tidak sedap. Cobalah beberapa cara berikut ini:

1. Pastikan pakaian bersih dan tidak ada kotoran yang menempel. Karena busa sabun yang tertinggal adalah sumber bau dan bakteri.

2. Keringkan pakaian sampai tidak tersisa air diserat kain. Bila biasanya kita memutar mesin pengering satu kali. Cobalah diputar sampai dua kali. Hanya untuk memastikan pakaian tidak menyisakan air.

3. Jemur cucian di luar rumah walaupun tidak ada cahaya matahari. Jemurlah pakaian dengan menggunakan gantungan dan terkena angin. Bila hujan lebat, menjemur di dalam rumah pun tak mengapa. Gunakan kipas angin atau lampu yang menyala.

4. Renggangkan jarak antar pakaian yang satu dengan yang lain, untuk mempercepat proses pengeringan. Pakaian yang menumpuk atau dempet akan menimbulkan bau tidak sedap atau apek.

5. Tambahkan dua sendok makan cuka dan setengah botol susu saat akan mencuci pakaian. Kemudian rendam baju selama kurang lebih sepuluh menit sebelum dibilas. Jemurlah pakaian di dalam ruangan yang terkena paparan matahari. Hal ini akan mencegah aroma tidak sedap atau bau apek pada pakaian.

6. Manfaatkan kain atau plastik bersih berwarna hitam yang ada di rumah. Gunting kain atau plastik tersebut dengan ukuran yang bisa menutupi pakaian. Jepit dan gantung pakaian tersebut di tempat yang terkena cahaya matahari dengan sirkulasi udara yang baik. Warna hitam pada kain dan plastik dapat membantu menyerap energi dan sinar UV serta mampu membunuh bakteri yang menyebabkan baju apek.

7. Gunakanlah pewangi pakaian, karena itu akan membantu mengurangi risiko pakaian berbau apek.

8. Pilihlah deterjen yang mengandung ekstra lemon di dalamnya. Karena lemon berfungsi membuat pakaian menjadi lebih harum dan bersih. Aroma lemon juga bertahan lebih lama daripada deterjen aroma bunga.

9. Bila pakaian sudah kering harus langsung digosok atau disetrika. Jangan dilipat lalu ditumpuk, karena itu akan menimbulkan bau apek.

#OneDauOnePost
#ODOPBatch5#day14




You May Also Like

0 komentar