Ini Langkah yang Kulakukan untuk Menghadapi Hari Tua

by - Februari 27, 2018


8 tahun yang lalu, aku pernah berencana untuk berhenti bekerja. Mencoba menjalankan usaha yang bisa dikerjakan dari rumah. Sehingga aku bisa fokus mengurus suami dan anak. Tapi sayangnya hanya sebatas niat, tanpa mencoba untuk merealisasikan rencana tersebut.

Baru setahun terakhir ini, keinginan tersebut muncul kembali. Kalau 8 tahun yang lalu niat itu hanya untuk keluarga. Sekarang ditambah dengan pesiapan untuk hari tua.

Sebagai pegawai swasta yang tidak menerima pesangon ketika pensiun nanti. Selain tabungan dan investasi, kegiatan setelah tidak bekerja pun harus dipikirkan. Agar tidak pikun, tidak bergantung pada anak, dan tetap bermanfaat pada lingkungan dimana aku berada.

Inilah langkah-langkah yang ku lakukan agar dihari tua nanti tetap mempunyai aktifitas dan bermanfaat:

1. Bergabung dengan komunitas on line yang sesuai dengan minat. Karena hal ini akan memudahkan diri untuk menemukan apa yang benar-benar menjadi fokus tujuan nanti. Seperti bergabung dengan beberapa komunitas, antara lain; TNB (Tips Nulis dan Bisnis), Wifeprenuer (kumpulan emak-emak bisnis), Komunitas Bisnis Online, dan Ruang Belajar Bunda.

2. Dari sekian banyak komunitas yang diikuti, akhirnya dapat juga deh usaha rumahan. Meskipun masih berupa usaha sampingan, tidak mustahil akan menjadi besar. Siapa tahu bisa berhenti bekerja sebelum usia pensiun, ya nggak?

 3. Dari salah satu komunitas tersebut itu jugalah akhirnya bisa menyalurkan hobi menulis. Dari sebatas buku harian, sekarang mencoba untuk belajar lebih dalam lagi. Mengolah kata menjadi kalimat yang bisa memberikan manfaat kepada orang lain ternyata mengasyikkan.
Dari yang gratisan sampai yang berbayar, aku ikuti. Sampai akhirnya ketemu Mak Hanny Dewanti, mentor dan pemilik Clover Line Creative. Semoga keterampilan menulis aku nanti bisa sejago dia heuheu.

4. Mendalami keterampilan tangan seperti merajut, craft, atau keterampilan recycling lainnya.
Ternyata keterampilan ini memang jitu dapat mengusir kegalauan dan stress. Seperti apa yang dikatakan Paul Wright pendiri dan CEO Hochanda, Home of Craft, Hobbies and Arts bahwa melakukan kegiatan berupa kerajinan tangan, akan membantu mengatasi stres serta menjadi lebih kreatif. Manfaat kerajinan tangan itu tak terbatas. Tak hanya menyenangkan dan bisa jadi terapis tetapi juga membantu meningkatkan produktivitas." (Kompas.com - 03/04/2016)

Nah, itulah beberapa langkah yang sedang aku jalani. Agar dihari tua nanti tetap berkarya dan bermanfaat untuk keluarga dan lingkungan.

Bagaimana dengan teman-teman? Kegiatan apa yang sudah disiapkan untuk hari tua nanti?

#OneDayOnePost
#ODOPbatch5

You May Also Like

0 komentar