NICE HOMEWORK #8 *MISI HIDUP DAN PRODUKTIVITAS*

by - Maret 18, 2018



Bunda, setelah di materi NHW#8 kita belajar tentang bagaimana pentingnya menemukan misi hidup untuk menunjang produktivitas keluarga. Maka saat ini kita akan lebih menggali bagaimana menerapkannya secara teknis sbb :
a. Ambil salah satu dari ranah aktivitas yang sudah teman-teman tulis di kuadran SUKA dan BISA (lihat NHW#7)

Jawab: Altivitas yang saya suka adalah menulis

b. Setelah ketemu satu hal, jawablah pertanyaan “BE DO HAVE” di bawah ini :
1. Mental seperti apa yang harus anda miliki untuk menjadi seperti yang anda inginkan ? (BE)

Jawab: Saya memilih fokus pada tulisan jenis fiksi saat ini. Karena tidak menutup kemungkinan saya akan mencoba menulis non fiksi juga.

2. Apa yang harus anda lakukan untuk menjadi seperti yang anda harapkan ? (DO)3. Apa yang akan anda lakukan apabila anda sudah memiliki yang anda harapkan? (HAVE)

Jawab: Saat ini saya sedang mengikuti program menulis setiap hari. Dan target saya adalah memiliki buku solo yang diterbitkan secara mayor.
c. Perhatikan 3 aspek dimensi waktu di bawah ini dan isilah:

1. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu kehidupan kita (lifetime purpose)

Jawab: Dalam unsur fiksi yang akan ditulis nanti. Saya akan memasukkan unsur moral dan pengetahuan. Riset akan menjadi hal penting dalam setiap pembuatan cerita. Meski fiksi, tetap tidak boleh meninggalkan logika. 

2.Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu 5-10 tahunke depan ( strategic plan)

Jawab: Kegiatan menulis sudah dimulai hampir satu tahun lalu. Dari yang gratis hingga berbayar. Alhamdulillah, menjelang akhir tahun 2017, sebuah buku antalogi dari hasil kelas berbayar terbit. 
Target saya untuk 5 -10 tahun ke depan adalah dapat menularkan kegiatan menulis ini ke semua teman dan lingkungan. Agar mereka pun dapat menularkan kebiasaan membaca dan menulis atau literasi ke anak-anak mereka.  

Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian - Pramoedya Ananta Toer

3. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu satu tahun ( new year resolution)
Mulailah dengan PERUBAHAN, karena pilihannya hanya satu BERUBAH atau KALAH


Jawab: Dalam kurun waktu satu tahun, di mulai dari bulan Maret. Saya ingin memiliki satu karya buku solo terbit mayor. In shaa Allah. 

Salam Ibu Profesional,
/Tim Matrikulsi IIP/

You May Also Like

0 komentar