Elang - Review Buku

by - Maret 29, 2018

Review Buku

Judul buku: Elang
Penulis: Kirana Kejora
Penerbit: Almira Management
Jumlah hlm: 300 hlm
Cetakan I: 2009

Elang Timur dan Elang Laut adalah kakak beradik kembar fraternal. Persaingan antar adik-kakak mungkin sudah biasa. Yang tidak biasa adalah sikap bijaksana dari kedua Elang tersebut.
Umumnya kita tahu bahwa kakak akan  mengalah untuk adiknya. Tapi tidak di novel bergenre sasta roman ini. Persepsi kakak harus lebih unggul dari adik adalah sebuah keharusan bagi Timur. Tidak ada kata mengalah di kamus Timur.
Timur akan sekuat tenaga untuk selalu bisa memenangkan persaingan dengan Laut, apapun itu. Dan Laut akan selalu mengalah demi kakaknya.  Demi perdamaian dan kebahagiaan sang kakak. Sebenarnya Timur mengetahui tentang sifat mengalah adiknya. Timur tahu Laut lebih kuat darinya, tapi Timur tidak peduli. Meskipun Laut selalu mengalah, tetap kebencian Timur tidak pernah berkurang.

Hingga pada titik asmara yang dialami oleh kedua Elang tersebut. Adalah Kejora kekasih Laut yang ingin dimiliki oleh Timur. Sayang, tali kasih antara Laut dan Kejora harus kandas. Kejora dijodohkan oleh ibunya.

Kesendirian Jora membuat persaingan dimulai kembali di antara dua Elang tersebut. Kejora pun bingung menentukan sikap kepada kedua orang kakak beradik kembar itu.

Mbak Kirana membuat percakapan antara Laut sang penyair dan Kejora seorang novelis dalam buku ini,  menggunakan diksi yang indah. Sarat makna di setiap katanya. Kadang saya pun harus membaca lebih dari satu kali untuk mengartikannya.

Tema tentang rival antar saudara memang sering diangkat. Tapi Mbak Kirana berhasil membuat plot cerita ini sungguh menarik. Setiap adegan terdapat benang merah yang tidak kita duga sebelumnya.

Kalau pesan yang saya dapat setelah membaca buku ini adalah bahwa mencintai tidak harus selalu memiliki. Dan juara sesungguhnya adalah dia yang bersikap mengalah untuk menang.

#OneDayOnePost

You May Also Like

1 komentar

  1. Terima kasih telah cinta ELANG...pilih Timur atau Laut? Semoga bisa jadi film ya Aamiin

    BalasHapus