Adab Menuntut Ilmu #NHW1

by - Januari 24, 2018


Bismillah

Ini adalah NHW (Nice Homework) minggu pertama dari kelas matrikulasi batch5 IIP (Institute Ibu Profesional). Dan tugas NHW minggu pertama ini adalah tentang "Adab Menuntut Ilmu".

Terdapat empat pertanyaan. Tadinya saya tuh mau saling contek dengan teman dekat yang kebetulan satu kelas. Itu waktu kita tidak tahu tugas NHW seperti apa.
Ternyata setelah didapat. Jeng... Jeng! Empat pertanyaan tersebut cuma bisa dijawab secara personal. Jawabannya hanya bisa ditulis berdasarkan pengalaman, keinginan dan cita-cita.

Seperti ini soalnya:

1. Tentukan satu jurusan ilmu yang akan anda tekuni di Universitas Kehidupan ini.

Ok. Bagi saya cukup membingungkan dalam menentukan jurusan ilmu di Universitas Kehidupan ini. Karena terus terang, sudah satu tahun ini saya menjalankan dua jurusan dalam satu fakultas. Yaitu Fakultas Dagang, dengan Jurusan Menjual produk yogurt dan Jurusan Menulis. Saya nggak bisa memilih di antara kedua jurusan tersebut. Karena jurusan terebut saling mendukung satu sama lain. Dalam berjualan kan saya harus bisa menulis. Jadi saya memutuskan untuk menjalaninya berbarengan.

2. Alasan terkuat apa yang anda miliki sehingga ingin menekuni ilmu tersebut

Berjualan tidak hanya sekadar menawarkan dagangan atau seperti toko yang menunggu pembeli datang. Jaman now kalau tidak mengikuti perkembangan bakal tergilas alias tenggelam. Kan sekarang jamannya tekhnologi canggih. Hanya melalui smartphone semua bisa diraih. Tinggal kemauan belajar dan mempraktekan ilmu yang sudah didapat, in shaa Allah cita-cita dan keinginan akan kita didapat.

Medsos adalah sarana jualan saya. Agar pembeli tertarik, tidak mungkin saya membuat status hanya memasang poto produk. Dengan tulisan "Minat? Chat me, please". Lalu dibawahnya tercantum no telpon dan wa.

Hello... Kalau bukan teman yang kenal, mungkin tidak ada yang lirik status saya. Yang memberi "like" mungkin hanya iba atau balas "like" yang pernah saya berikan di berandanya dia.

Di sinilah saya membutuhkan ilmu Copy Writing, Heart Selling, Hypno Writing dan ilmu kepenulisan lainnya. Saya harus bisa menulis untuk mempromosikan produk saya. Dan itu membutuhkan ilmu. Dengan mendalami ilmu menulis. Saya tidak hanya menjual produk. Tapi juga memberikan ilmu dan manfaat tentang produk yang saya jual. Tulisan yang indah dan jujur, akan menarik calon pembeli. Lagi pula dengan keahlian menulis review produk, bisa saja olshopper lain yang melihat akan meminta jasa dibuatkan tulisan tentang produk mereka.

3. Bagaimana strategi menuntut ilmu yang akan anda rencanakan dibidang tersebut?

Strategi saya untuk mendapatkan ilmu dagang dan kepenulisan sebenarnya mudah. Cukup bergabung dengan beberapa komunitas yang mempunyai visi dan misi sama dengan saya. Tentu saja via watsapp. Kan dijaman canggih sekarang, ilmu hanya digenggaman.

Dengan memiliki misi dan visi yang sama, maka kami akan saling memberi motivasi dan semangat. Di dalam komunitas tersebut selalu terdapat diskusi. Sehingga masalah yang dihadapi dapat ditangani dengan baik. Sebut saja, menangani keluhan pembeli, masalah produksi, bahkan di grup komunitas tersebut kita bisa sharing pengalaman masing-masing.

Tidak cukup dengan komunitas. Saya pun mengambil kelas berbayar. Mentor sangat diperlukan dalam memandu usaha saya, agar target dapat tercapai.

4. Berkaitan dengan adab menuntut ilmu, perubahan sikap apa saja yang anda perbaiki dalam mencari ilmu tersebut?

Dalam menuntut ilmu, saya harus bersikap seperti gelas kosong. Bagaimana gelas bisa terisi bila sudah penuh? Oleh sebab itu, isi gelas yang sebelumnya saya simpan di tampungan yang besar. Walaupun isi tampungan belum banyak. Tetap saya pun membuka keran. Karena ilmu yang sudah saya tampung tersebut akan menjadi modal dalam berdiskusi dengan teman di dalam komunitas. Hal yang menyenangkan bila bisa berbagi apa yang kita punya. Karena di setiap interaksinya, saya akan selalu menerima ilmu baru.

Ilmu tidak pernah berbatas, setiap harinya mengalami perkembangan. Bila kita tidak mau tersingkir dalam jaman. Kita harus selalu mengosongkan gelas.

#IIPBatch5
#KelasMatrikulasi
#NHW1


You May Also Like

0 komentar