Poni Dora

by - April 11, 2018


Seandainya mamah bisa bersuara seperti burung kutilang peliharaan papah di depan rumah. Pasti ocehan mamah pagi ini nggak akan bikin gue BT. Pasalnya itu burung, entah dalam keadaan senang, sedih, atau marah, suara yang dikeluarkannya selalu merdu.

Suara lengkingan mamah sepertinya delapan oktaf, deh. Gue yang berada di kamar lantai dua, bisa mendengar dengan jelas ucapannya.

“Kalau kamu nggak turun dalam hitungan sepuluh menit, mamah bakal tarik kamu paksa!”

Gawat nih! Kalau mamah udah mengancam seperti itu, gue harus buru-buru turun. Jangan sampai kejadian kemarin terulang. Bayangin aja, kuping gue ditarik sampai duduk di meja makan. Untung bekas jeweran mamah, kuping gue nggak jadi kayak si Goblin, lancip.

“Kamu tuh! Sekolah baru hari kedua udah malas-malasan. Memangnya liburan panjang kemarin kurang?” ucap mamah sambil memasukkan bekal roti ke dalam lunch box, dan kemudian duduk di sebelah gue.

Gue bersungut. Mamah nggak peka banget, sih. Padahal mamah kan tahu kalau kemarin gue diledekkin temen-temen satu kelas karena poni gue mirip Dora The Explorer. Gue BT abis, super duper deh malunya. Bener-bener deh kemarin itu mental gue down.

Untung Deri belum masuk sekolah. Dia masih dalam perjalanan pulang dari liburannya di luar negeri. Coba kalau dia lihat poni gue yang potongannga kayak dicetak batok kelapa ini. Alamat dia ilfil dan nggak jadi naksir gue lagi. Soalnya kabar dari Sisil teman sebangku gue, Deri itu naksir gue.

Memang tuh ya, si tukang salon tulalit. Katanya nih poni mau dipotong trap gitu. Udahannya dia malah bilang minta maaf. Dia bilang nggak sengaja kebablasan potong pendek nih poni gue. Udah gitu, pas dia ngomong, pakai acara pasang wajah memelas. Yah, gue jelas nggak tega buat marahi dia lebih lanjut.

“Udah, nggak usah dipikirin kejadian kemarin. Simpan saja sebagai kenangan yang bakal bikin kamu tersenyum nanti. Dengan dijepit seperti itu. Nggak keliatan kok poni Doranya,” ujar mamah menghibur, seperti mengerti kegalauan gue.

“Mamah sih enak ngomong kayak begitu. Emang poni Doranya nggak kentara karena dijepit. Tapi dahi Esi keliatan lebarnya,” ucap gue membalas pernyataan mamah yang sedang menyeruput kopi susunya.

“Loh, terus kamu nggak mau sekolah lagi hari ini? Mau tunggu rambut poni kamu panjang dulu, baru sekolah? Begitu?”

Bener juga apa kata mamah nih. Kalau gue nggak sekolah, selain ketinggalan pelajaran. Gue juga nggak dapet uang jajan. Nggak kumpul sama genk gue, Rani, Siska, dan Wini. Dan yang lebih gawat, bisa-bisa Deri cari cewek lain buat gebetannya. Wuah, ini nggak boleh terjadi.

“Ya sudah kalau memang itu mau kamu. Mamah nanti tinggal bilang sama ibu Wati, guru wali kelasmu bahwa Esi izin untuk tidak masuk sekolah,” lanjut mamah lagi sambil menaruh piring kotor di bak cucian.

“Ng… nggak…  nggak, Mah!” Gue menjawab mamah dengan tergagap dari perang batin yang sedang berlangsung dalam diri.

“Esi bakal pergi sekolah kok hari ini. Tapi, please, deh Mah!” ucap gue dengan bola mata mengarah ke atas di mana jepit rambut hello kitty tertempel manis di poni.

Mamah mengerti maksud gue, kemudian dia berdiri. Dengan penuh kelembutan dan kasih sayang, jari lentik mamah menarik sedikit rambut poni yang terjepit ke dahi gue yang lebar ini.

Mamah memegang kedua bahu gue agar berdiri dari kursi makan. Mengajak gue ke ruang tamu di mana sebuah cermin cukup besar terpasang.

Terlihat sebuah bayangan berwajah manis di cermin. Anak poni yang menghiasi di dahi gue menambah kesan chick. Gue tersenyum karena bukan bayangan Dora yang gue lihat di cermin. Tapi, Esi Kinasih. Ah, teman-teman gue di SMP Melati Bangsa pasti nggak bakal ngecengin lagi hari ini.

Gue peluk mamah dengan hangat dan penuh rasa cinta. Mamah memang the best mom in the world.

#ODOP

You May Also Like

15 komentar

  1. Poni dore, i see XD
    Ngakaklah ngebayanginnya XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anak saya waktu kecil model rambutnya kayak Dora 😁

      Hapus
  2. Yups. Ibu adalah insan paling keren, paling mulia, paling segalanya deh #love #love
    Aduh, bundaaa... lagi-lagi buat saya terkesima. the bestlah ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Kak Nia. Pingin ikutin kak Nia yang the best juga 😊

      Hapus
  3. Ngakak a lot, two tumbs up mbak😂👍👍

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. Mau ikutin gayanya kakak soalnya nggak bisa euy. Jadi yang enteng aja deh 😁

      Hapus
  5. Poni dora dan gaya helm adalah gaya rambut favorite selama sekolah in 😍😍

    BalasHapus
  6. Hehe, ceritanya lucu n asyiik. Keren Bunda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Kak Ria. Semoga saya bisa nulis keren seperti Kak Ria

      Hapus
  7. Hehe, ceritanya lucu n asyiik. Keren Bunda.

    BalasHapus