Pertama Kali ke Klinik Hematologi

by - Juli 24, 2020

Bulan kedua mengantar papap kontrol ke RSUPN Citpo. Kali ini bukan ke klinik THT.

Setelah menjalani operasi Tumor Sinonasal tanggal 29 Juni yang lalu. Hari ini adalah pertama kali untuk pemeriksaan lebih lanjut ke Poli Hematologi. Hasil kontrol dari poli THT minggu lalu. Biopsi hasil kedua dinyatakan bahwa diagnosa papap adalah kelenjar getah bening.

Entahlah, aku bingung. Setelah CT Scan berbicara tumor, biopsi pertama pun tidak ada bicara ada indikasi kelenjar getah bening. Di biopsi kedua inilah papap dinyatakan terdapat kelenjar getah bening di area hidung.

Sempet tanya ke dokter waktu itu. Kok bisa kelenjar getah bening di area sinonasal? Bukankah biasanya di bagian leher, dibelakang telinga dekat tengkuk? Kesimpulan yang diambil dari penjelasan panjang lebarnya dokter. Nggak dijelasin kenapa bisa kelenjar getah bening ada di area sinonasal. Ya sudahlah, mungkin dokter mudanya juga belum tahu pasti (pikiran aku, lho).

Dari hasil biopsi kedua yang dibacakan oleh dokter poli THT itulah, akhirnya papap dirujuk untuk kontrol lebih lanjut ke poli Hematologi (Poliklinik Penyakit Dalam).

Selesai kontrol kurang lebih pukul 14.00 dari mulai tiba di RSUPN pukul 06.45. Tapi berdasarkan pengalaman sebelumnya waktu kontrol ke poli Anestesi. Akhirnya aku dan adikku melakukan survey terlebih dahulu.

Survey yang dilakukan adalah:
1. Letak poli Hematologi
2. Cara pendaftaran

Letak Poli Hematologi

Poli Hematologi adalah bagian dari Poli Penyakit Dalam. Beberapa minggu lalu setelah pasca operasi, sebetulnya papap ada kontrol ke poli Penyakit Dalam, yaitu poli Ginjal dan Hipertensi. Eladalah poli Hematologi nggak tahunya ada dilantai yang sama dengan poli Ginjal dan Hipertensi, yaitu dilantai dua. 

Polinya lumayan luas. Jadi poli Penyakit Dalam ini adalah sub spesialisnya Penyakit Dalam. Seperti poli khusus konsultasi Kardiovaskular, Reumatologi, Hematologi-Onkologi Medik, Ginjal Hipertensi, Alergi Imunologi, Tropik Infeksi, Psikosomatik, Pulmonologi, Geriatri, Gastroenterologi, Gastroenterohepalogi, Endokrin Metabolik Diabetes (ya Allah nulisnya sampe nyontek berkali-kali saking takut salah huruf).

Cara Pendaftaran

Waktu pendaftaran secara umum adalah sama, yaitu batas maksimal sampai pukul dua belas siang untuk semua poli.

Hasil bertanya pada perawat yang bagian Hematologi. Katanya pendaftarannya harus online melalui aplikasi RSCMOnline. Sayang, pendaftaran online ini untuk peserta BPJS. Kalau papap kan pake Jamkesda alias KS (Kartu Sehat) daerah Bekasi. Jadi belum bisa online daftarnya.

Juga, pendaftaran pasien baru cuma ada di hari Kamis. Nanti untuk pemeriksaan berikutnya dapat dilakukan selain hari selain Kamis.

Hari Kamis yang ditunggu tiba, 23 Juli. Setelah dua hari sebelumnya adik laki-lakiku melakukan pendaftaran online untuk mendapatkan Surat Referensi dari Dinas Kesehatan Bekasi (Dinkes). Kami pun berangkat seperti biasa dari rumah, 05.50.

Begitu mobil diparkir di RSCM Kencana (parkir di RSCM publik susah dapet parkiran). Aku langsung turun dari mobil, dan segera melanhgkah cepat. Maksudnya sih biar dapet no mudaan alias lebih awal.

Emang sih waktu ambil no antrian didekat bagian informasi dapetnya no. E003. Tapi begitu masuk ke ruang admisi tetap aja antri pake banget.

Setelah nomor urut dengan awalan huruf I yang artinya untuk antrian Lansia sampai angka dua puluh. Baru deh, antrian dengan huruf E yang artinya untuk antrian Jamkesda dipanggil.

Sewaktu menunggu panggilan antrian. Aku sudah menyiapkan dokumen untuk mendapatkan SJP (Surat Jaminan Pelayanan), yaitu:
1. Surat rujukan dari RSUD Bekasi
2. Kartu Keluarga
3. KTP
4. KS (Kartu Sehat)
5. Kartu berobat
6. Surat rujukan konsultasi dari klinik asal (THT)

Pukul 07.28 aku sudah memgantri lagi di klinik Hematologi. Sedang papap dan adik laki-lakiku sedari tiba di RSCM langsung menunggu dilantai dua.

Ya Allah, belum pukul delapan, tapi sudah dapat nomor urut dua puluh empat.

Setelah menunggu hampir menunggu tujuh jam-an. Pukul 14.45 dipanggil juga ke ruang periksa.

Hasil pemeriksaaannya diceritain diberikutnya aja, yaa. Hayati mau rehat dulu.

Catatan:
Tidak ada foto dikarenakan pihak RS tidak mengizinkan pengambilan foto dalam proses pelayanan. 


You May Also Like

0 komentar