Memetakan Tujuan Hidup dan Menggapainya

by - Januari 13, 2020


                                    Foto: Mind Mapping

Ini hasil mind mapping yang dikerjakan pukul empat pagi. Dari semalam memang gak bisa tidur pulas. Ya, karena ini, mind mapping yang belum dibuat. Sudah dua hari ini ada tukang di rumah. Ditambah tugas lain yang harus juga selesai. Alhasil, jadilah mind mapping yang dikerjakan sebelum waktu subuh. 

Mind map ini adalah materi keempat dari kelas Buncek yang sudah berjalan empat minggu. Gak berasa udah pertemuan keempat aja. 

Pertama kali buat mind map rasanya amaz (amazing)  aja. Biasa buat mind map untuk kerangka menulis. Sekarang buat mind map alias peta untuk mencapai dan meraih tujuan hidup. 

Seru juga ternyata menuliskan tujuan hidup dan detail ilmu yang harus dipelajari. Kalau gak dibuat serius seperti ini, bakal banyak ilmu yang pingin dikuasai. Jangan sampai kayak kera, maruk. 

Seperti ucapan Ibu Septi (founder IIP), jangan banyak-banyak menentukan ilmu yang bakal dipelajari. Secara yang ada nanti berantakan semua rencana. Karena setiap ilmu itu bercabang seiring berjalannya waktu pada saat kita mempelajarinya. Maksud hati ingin menguasai beberapa ilmu biar pintar. Eeh, malah keblinger. 

Fokus satu ilmu dulu. Kuasai sampai pintar. Baru deh lanjut ngelmu baru lagi. 

Lah, itu mind map di atas tertulis dua ilmu? Heuheu. Tenang, insha Allah sambil jalan bisa melakukan keduanya. Jadi, nanti nge-craft sambil menulis. Kan, bisa jadi buku tutorial crafting. Ya nggak?  

Sekarang, diri ini berharap bakal konsisten dan disiplin untuk mengikuti mind map yang sudah dibuat. Jangan larak-lirik ilmu yang lain dulu. 

Semangat!! 

Hmm, Enaknya ditempel di dinding rumah sebelah mana, ya? 

#janganlupabahagia
#jurnalminggu4
#materi4
#kelastelur
#bundacekatan
#buncekbacth1
#buncekIIP
#instituteibuprofesional

.

You May Also Like

0 komentar