Peralatan Tempur Mencuci

by - Februari 10, 2019

Foto: koleksi pribadi

Mencuci adalah kegiatan seluruh ibu rumah tangga di dunia. Tidak pernah absen untuk meninggalkan kegiatan utama ini. Biar malas, tetap harus dikerjakan (catatan: pengecualian buat yang punya duit. Dia bisa numpang laundry buat nyuci pakaian).

Seumur-umur saya mencuci. Tidak pernah tuh, memerhatikan secara detail peralatan yang dipakai. Baru kali ini setelah ada tantangan dari Bunsay#6. Saya melototin alat tempur mencuci. La wong, tugasnya mendapatkan hal yang berbau matematika di kehidupan keseharian. Akhirnya mata saya harus bersikap “awas” dimana saya berada.

Gambar di atas adalah alat tempur mencuci yang menurut saya terdapat unsur matematika. Yaitu mengenal bentuk. Ember hitam yang berbentuk bulat, ember putih yang berbentuk tabung, penggilasan yang berbentuk persegi panjang, dan gayung yang berbentuk hati.

Nah, tidak sampai di situ. Dari bentuk-bentuk yang didapat tersebut. Saya juga bisa mendapati rumus untuk volume, rumus menghitung luas lingkaran.

Rumus volume untuk tabung:

Foto: wikihow

V = πr2t, dimana V adalah volume, r adalah radius lingkaran dasarnya, t adalah tingginya, dan π merupakan nilai pi yang selalu konstan.

Rumus luas lingkaran:

www.menghitung.com/rumus-menghitung-luas-lingkaran/#

Untuk mencari Luas suatu bangun lingkaran kita dapat menggunakan rumus berikut ini: π × r².

Sedangkan untuk rumus Keliling Lingkaran, adalah sebagai berikut:

Keliling = π × d

Atau bisa juga menggunakan rumus keliling = 2 × π × r.

Sedangkan rumus diameter lingkaran adalah sebagai berikut: Diameter = 2 × r.

Keterangan:
π = phi = 22/7 atau 3,14
d = diameter, satuannya tergantung soal, biasanya menggunakan meter (m)
r = jari-jari, satuannya tergantung soal, biasanya menggunakan meter (m).


Rumus luas dan keliling persegi panjang

belajarmatematikaonline.com/rumus-untuk-mencari-luas-dan-keliling-persegi-panjang/

Luas = p x l
Keliling = 2 x ( p + l )

Ket :
p = panjang
l = lebar


Tuh kan, akhirnya saya bisa me-refresh pelajaran yang sudah berpuluh-puluh tahun lewat alias zaman muda heuheu.

Terima kasih bunsay#4 untuk tantangannya.

#Harike3
#Tantangan10hari
#Level6
#KuliahBunsayIIP
#ILoveMath
#MathAroundUs
#ThinkLogic





You May Also Like

0 komentar