Surat Al Kahfi Baiknya Dibaca Malam Jum'at atau Hari Jum'at?

by - Januari 17, 2019


Untuk setoran tantangan hari ke-6 ini saya membaca Quran. Tepatnya surat Al Kahfi.

Pada saat pengajian yang saya hadiri di setiap hari Selasa. Umi menyarankan untuk membaca surat Al Kahfi pada malam Jumat. Sedangkan saya terbiasa membacanya pada hari Jum'at siang setelah melaksanakan salat dzuhur.

Penasaranlah saya perbedaan membaca Al Kahfi pada malam Jumat dan hari Jumat. Apa mungkin ada perbedaan keutamaan pada dua waktu tersebut?

Jika merunut pada sejumlah dalil shahih tentang perintah dan keutamaan membaca surat Al Kahfi. Maka dalil shahih dari:

1. Abu Sa'id al-Khudri radliyallahu 'anhu, dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:
"Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada malam Jum’at, maka dipancarkan cahaya untuknya sejauh antara dirinya dia dan Baitul 'atiq." (Sunan Ad-Darimi, no. 3273. Juga diriwayatkan al-Nasai dan Al-Hakim serta dishahihkan oleh Al-Albani dalam Shahih al-Targhib wa al-Tarhib, no. 736)

2. Riwayat lain masih dari Abu Sa’id al-Khudri radhiyallahu 'anhu, disebutkan;
"Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan dipancarkan cahaya untuknya di antara dua Jum'at." (HR. Al-Hakim: 2/368 dan Al-Baihaqi: 3/249. Ibnul Hajar mengomentari hadits ini dalam Takhrij al-Adzkar, “Hadits hasan.” Beliau menyatakan bahwa hadits ini adalah hadits paling kuat tentang surat Al-Kahfi. Syaikh Al-Albani menshahihkannya dalam Shahih al-Jami’, no. 6470)

3. Ibnu Umar radhiyallahu 'anhuma, berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, “Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua Jum'at.

Tuh kan nggak ada bedanya membaca pada malam Jum'at dan hari jum'at. Cuma karena perbedaan penetapan waktu/hari saja. Malam Jum’at dalam islam itu diawali sejak terbenamnya matahari pada hari Kamis. Kesempatan ini berakhir sampai terbenamnya matahari pada hari Jum’atnya.

Imam Al-Syafi'i rahimahullah dalam Al-Umm menyatakan bahwa membaca surat al-Kahfi bisa dilakukan pada malam Jum'at dan siangnya berdasarkan riwayat tentangnya. (Al-Umm, Imam al-Syafi'i: 1/237).

Dengan begini, saya mah mungkin bacanya pas waktu ashar hari Kamis seperti biasa. Kan lebih cepat lebih baik. 😊

#GameLevel5
#Tantangan10Hari#day6
#KuliahBunsayIIP
#ForThingstoChangeIMustChangeFirst
*Bunda Sayang*
*Ibu Profesional*
*IIP*
*For Things To Change, I Must Change First*

You May Also Like

0 komentar