Mencari Solusi #3 Memilih Sesuai Hati Kakak

by - Oktober 06, 2018

Semester enam depan, kakak mulai KKN (Kuliah Kerja Nyata). Sebetulnya hal ini sudah digaungkan kakak ketika semester empat berakhir. Ketika akan mengambil SKS pada semester lima pun, kakak mengingatkan lagi tentang KKN di semester enam.

“Tahun depan kakak udah mulai KKN, Mah.” Suatu hari ketika kami sedang berdiskusi mata kuliah yang akan diambil di semester lima. Aku dan kakak sedang menghitung jumlah SKS agar jumlahnya bisa pas dengan nilai IPK kakak.

“Tuh, lihat!” Kakak menunjukkan mata kuliah praktek kerja lapangan di lembar SKS pada semester enam.

“Berarti kakak udahan di kegiatan komunitas YOT (Young on Top), dong,” sahutku.

“Yah, nggak harus udahan juga, sih. Tapi dikurangi gitu. Kan kakak sekretaris. Masa jabatannya satu tahun,” kakak menimpali cepat pernyataanku yang agak sedikit meminta untuk berhenti dari komunitasnya.

Maklumlah, kalau kakak sudah ada kegiatan di komunitasnya. Seperti kegiatan charity atau seminar motivasi, dia jadi sibuk banget. Sabtu dan Minggu full di luar rumah. Minggu sorenya balik lagi ke kos-an di Karawang.

Baiklah bila kakak memang maunya seperti itu. Aku mengajukan syarat agar nilai IP dan IPK nya harus stabil, sukur-sukur meningkat.

“Nah, dosen kakak bilang. Kakak harus udah mulai mikirin penjurusan untuk KKN itu,” ucap kakak mengembalikan topik pembicaraan yang terseling oleh masalah komunitasnya tadi.

“Kakak bingung harus pilih akuntasi publik atau pajak. Menurut mamah bagusan yang mana, yah?”

“Yah, terserah kakak. Kakak nyamannya yang mana di antara kedua jurusan itu. Mana yang paling kakak sukai. Kalau kakak suka dan nyaman, kan enak belajarnya. Sesulit apapun pelajarannya, kalau kakak suka. Nggak bakal berhenti di tengah jalan. Itu modal yang paling penting, suka.”

Tatapan mata kakak menerawang setelah ucapanku selesai. Kami saling berdiam diri. Sunyi. Sejenak suasana di ruangan di mana kami berada terasa hening. Tak lama kemudian kakak beranjak dari duduknya menuju kamar. Aku yakin kakak akan menemukan pilihan yang terbaiknya.

#Harike3
#Tantangan10Hari
#GameLevel2
#KuliahBundaSayang
#MelatihKemandirian
#InstitutIbuProfesional
Bunda Sayang
Melatih Kemandirian
Ibu Profesional
IIP





You May Also Like

0 komentar